Monday, December 27, 2010

Tim Ekspedisi Capai Puncak Kilimanjaro


KILIMANJARO, KOMPAS.com — Tepat pukul 12.00 waktu setempat, Tim Ekspedisi 7 Puncak Dunia, Minggu (1/8/2010) kemarin, berhasil mencapai puncak Gunung Kilimanjaro (5.892 meter di atas permukaan laut), sebuah gunung tertinggi benua di Afrika.

Ipong W dari Wanadri, Senin (2/8/2010), melaporkan, saat ini tim sudah turun di ketinggian 3.700 mdpl. Kondisi tim sehat, termasuk wartawan Kompas Ambrosius Harto yang bergabung dengan tim ini.Berita pencapaian luar biasa tim ini, setelah sebelumnya juga sempat mendaki puncak Ndugu-ndugu di Pegunungan Carstensz di Papua, kemudian mendapat tanggapan positif dari sejumlah kalangan.

Sandiaga Uno, misalnya, memberikan ucapan selamat atas keberhasilan tim ini. "Anda membuat bangga Indonesia," tulisnya melalui layanan BlackBerry Messenger.

Mantan KSAD Endriartono Sutarto yang juga penasihat Ketua Umum Tim Ekspedisi ini juga menyampaikan ucapan selamat. "Selamat dan terima kasih untuk semua. Kita masih harus banyak berdoa untuk kelanjutan tugas 7 Summits. Semoga Tuhan senantiasa memberkati Anda," katanya.

Tak lupa, Endriarto mengingatkan bahwa salah satu anggota tim, Gina Aftiani, satu-satunya perempuan dalam tim, masih memerlukan dukungan karena masih berusaha mendaki.

Tim Ekspedisi ini dijadwalkan akan mendaki tujuh puncak dunia. Puncak Carstensz sudah berhasil didaki bulan April lalu, sedangkan Kilimanjaro baru saja sukses didaki, menyusul kemudian puncak Elbrus (5.642 mdpl) di Rusia akan didaki tanggal 17 Agustus.

Empat gunung lain yang akan didaki antara tahun 2010-2012 adalah Vinson Massif (4.897 mdpl) di Antartika, McKinley (6.194 mdpl) di Amerika Serikat, Aconcagua (6.962 mdpl) di Argentina, dan Everest (8.850 mdpl) di Nepal.

0 comments:

Post a Comment

FREE Hosting by CO.NR