Sunday, December 26, 2010

Kilimanjaro Bakal Tak Bersalju


BEIJING, KOMPAS.com - Salju Kilimanjaro, yang terkenal dalam cerita pendek Ernest Hemingway dengan nama yang sama, dapat hilang setidaknya pada 2022, demikian hasil satu studi baru yang disiarkan Selasa di dalam "Proceedings of the National Academy of Sciences".Untuk pertama kali pada hampir 12.000 tahun, berdasarkan analisis mengenai inti es, puncak tertinggi di Afrika barangkali akan terbebas dari es setidaknya pada 2022 atau paling lambat pada 2033, kata ahli gletser Lonnie Thompson dari Ohio State University, yang memimpin studi tersebut. "Dari lapisan es yang ada pada 1912, 85 persennya telah hilang dan 26 persen yang ada pada 2000 kini sudah hilang," tulis Thompson dan rekannya di dalam jurnal itu.

Namun, para peneliti yang mengkaji puncak gunung tersebut, termasuk mereka yang terlibat di dalam studi itu, berbeda dalam kesimpulan mereka mengenai berapa banyak pencairan yang dapat terjadi akibat ulah manusia atau pengaruh lain iklim.

Beberapa studi telah menyatakan hilangnya es tersebut terutama disebabkan oleh apa yang dipandang beberapa ahli sebagai faktor lokal: berkurangnya salju yang turun dan makin banyaknya sublimasi --proses yang mengubah es menjadi uap air pada temperatur di bawah titi beku.

Studi baru itu kelihatannya memperkuat pendapat bahwa pemanasan global menjadi pangkal sublimasi lebih lanjut. "Ini ada dokumentasi yang sangat menyeluruh mengenai perubahan di gletser Kilimanjaro," kata Kevin Trenberth, pemimpin bagian analisis iklim di National Center for Atmospheric Research di Boulder, Colorado, yang tidak menjadi bagian dari studi tersebut.

Trenberth mengatakan ia tidak ragu bahwa "gletser itu berkurang dan telah menyusut terus".

"Snows of Kilimanjaro" jadi terkenal di dalam cerita pendek Ernest Hemingway dengan nama yang sama pada 1938. Di dalam cerita tersebut, sang tokoh utama menyatakan "seluas seluruh dunia, hamparan putih yang sangat putih, besar, tinggi disengat sinar mentari terhampar lapangan Kilimanjaro".

0 comments:

Post a Comment

FREE Hosting by CO.NR